Pemerintah Rencanakan CASN 2023 Bulan September

Pemerintah Rencanakan CASN 2023 Bulan September

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah mengumumkan rencana rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CASN 2023) yang menarik perhatian banyak calon peserta.

Rencananya, rekrutmen tersebut akan digelar pada bulan September 2023 mendatang dan akan membuka satu juta lowongan. Menawarkan peluang besar bagi mereka yang ingin menjadi pegawai negeri sipil.

Baca juga Cara Membuat Akun SSCASN CPNS

Menurut data yang dirilis oleh Kemenpan RB, dari total formasi yang akan disediakan. 20 persen kuota akan diperuntukkan bagi lulusan baru atau fresh graduate, dengan fokus pada talenta digital.

Baca Juga CASN 2023 Siapkan 20% Lowongan Fresh Graduate

Sementara itu, 80 persen sisanya akan di isi oleh tenaga non-ASN atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Keputusan ini di ambil sebagai respons terhadap keluhan yang sering dilontarkan oleh lulusan baru terkait pengutamaan tenaga honorer dan minimnya peluang untuk mereka yang baru lulus.

Menpan RB, Abdullah Azwar Anas, menjelaskan bahwa rencana rekrutmen CPNS saat ini sedang dalam tahap penetapan di Kemenpan RB. Ia juga telah melaporkan rencana ini kepada Presiden Joko Widodo sebagai bagian dari upaya untuk memperoleh persetujuan dan dukungan.

Lebih dari Satu Juta Lowongan CASN 2023

Dalam pengumuman tersebut, Menpan RB juga mengungkapkan bahwa rekrutmen ASN tahun 2023 ini akan membuka total 1.030.751 lowongan, termasuk CPNS dosen sebanyak 15.858 formasi dan tenaga teknis lainnya sebanyak 18.595 formasi. Selain itu, akan ada juga alokasi PPPK dengan 6.472 formasi dosen. 12.000 formasi guru, 12.719 formasi tenaga kesehatan, dan 15.205 formasi tenaga teknis.

Baca Juga Mengenal 3 Jenis Tes TKD CPNS

Menpan RB menegaskan bahwa rekrutmen CASN 2023 ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga di sektor publik. Dan memberikan kesempatan kepada lulusan baru untuk mengabdi kepada bangsa dan negara. Dalam upaya tersebut, pihak Kemenpan RB telah berkomitmen untuk menetapkan formasinya pada bulan September 2023 mendatang.

Baca juga Tata Cara dan Link Pendaftaran CASN 2023

Persiapkan Diri sambut CASN 2023

Rencana rekrutmen CASN 2023 ini di sambut antusias oleh calon peserta. Yang melihatnya sebagai peluang emas untuk mengawali karir di sektor pelayanan publik. Para calon peserta berharap agar proses seleksi dan penilaian di lakukan secara transparan, adil, dan berdasarkan kualifikasi yang objektif, sehingga peluang yang di berikan dapat di nikmati oleh semua pihak.

Baca Juga Aspek Penting Penghasilan ASN

Dalam kesempatan ini, Menpan RB juga menyampaikan bahwa kebutuhan nasional ASN di tahun 2023 akan mencapai lebih dari satu juta orang. Ia berharap agar rekrutmen ASN tersebut dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi pengembangan sumber daya manusia dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di Indonesia.

Baca juga Tips Menjawab Soal Tes Karakteristik Pribadi CASN 2023

Ingin belajar intensif untuk mempersiapkan diri di CASN 2023? Tunggu update program terbaru di MySertifikasi!

Logo Sertifikasi

Platform penyedia pelatihan dan sertifikasi BNSP, Certnexust, berbagai sertifikasi Nasional hingga Internasional yang Terintegrasi  dan Terpadu untuk investasi karir seumur hidup.

ALAMAT DAN KONTAK

PT Ozami Inti Sinergi

Jln. Affandi No 5, Kec. Depak

Kab, Sleman, D.I. Yogyakarta, 55281

LOKASI KAMI

MySertifikasi by Indobot. All rights reserved.