https://mysertifikasi.com/
Aplikasi ExamBrowser

Aplikasi ExamBrowser

Aplikasi Exambro atau ExamBrowser adalah aplikasi utama dalam proses Asesmen Nasional. Dalam upaya meningkatkan keamanan dan kredibilitas Asesmen Nasional, Kemendikbud melalui Pusmenjar telah mengembangkan aplikasi Exambro atau ExamBrowser. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu mengurangi kecurangan dan memastikan integritas proses ujian online bagi peserta didik selama Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2023.

Jenis ExamBrowser

Exambro Admin/Proktor

ExamBrowser memiliki dua versi yaitu versi admin/proktor dan versi client untuk siswa. Selain itu Exambro proktor juga di buat menjadi dua varian yaitu Exambro Proktor Daring dan Semi-Daring. Exambro admin/proktor di gunakan untuk mengatur proses pelaksanaan ANBK di tingkat sekolah.

Untuk Exambro semi-daring, proktor dan teknisi harus mempersiapkan Exambro agar terhubung dengan server lokal di setiap ruang ujian, sementara Exambro daring, proktor dan teknisi tidak perlu melakukan sinkronisasi dengan server, karena servernya menggunakan server Kemendikbud.

Exambro Client

ExamBrowser Client merupakan browser khusus yang di desain dengan tingkat keamanan tinggi, menghadirkan tampilan yang berbeda dari browser standar, dan mencegah akses ke aplikasi lain selama sesi ujian berlangsung. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir gangguan atau peluang untuk berbuat curang, sekaligus memastikan bahwa peserta yang menggunakan ExamBrowser adalah benar-benar peserta resmi dari Pusmenjar.

Salah satu fungsi utama dari ExamBrowser Client adalah menampilkan layar atau halaman tes secara penuh tanpa fitur navigasi. Dengan begitu, peserta ujian tidak dapat berpindah ke aplikasi lain selama mengerjakan soal ANBK. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki mekanisme verifikasi untuk memastikan bahwa peserta ujian menggunakan aplikasi resmi dari Pusmenjar, dan bukan versi yang tidak sah atau tidak di kenali.

Prasyarat ExamBrowser

Sebelum melaksanakan ujian menggunakan ExamBrowser, Pusmenjar menetapkan persyaratan spesifikasi minimal perangkat yang harus di penuhi oleh peserta. Di antaranya adalah resolusi layar minimal 1024×720 piksel, sistem operasi 32 bit atau 64 bit (minimal Windows 7, Linux, Mac OS, Chrome OS, Thin client, Raspberry), CPU minimal 2 core, RAM 2 GB, dan koneksi internet minimal 12 Mbps untuk 15 client yang akan di gunakan selama pelaksanaan ANBK.

Mengunduh Exambro

Aplikasi Asesmen Nasional ini bisa di unduh di halaman https://anbk.kemdikbud.go.id dan selalu di update ke versi terbaru. Proktor dan teknisi dapat mengunduh file terbaru di website tersebut. Selalu gunakan versi terbaru untuk dapat menjalankan tahapan ANBK dengan lancar.

link download exambrowser
link download exambrowser di halaman ANBK

Cara downloadnya adalah sebagai berikut

  1. Buka halaman anbk.kemdikbud.go.id
  2. Masukkan username, password dan kode keamanan
  3. Pada halaman dashboard pilih menu folder prerequiste di bagian kanan layar
  4. Download aplikasi yang sesuai dengan moda pelaksanaan asesmen di sekolah

Memulai Sesi Asesmen Nasional

  1. Pastikan bahwa VHD ANBK sudah terinstal dan sudah di sinkronisasi untuk sekolah dengan moda semi-daring
  2. Jalankan Exambrowser Admin
  3. Biarkan meload aplikasi Virtual Box dan server lokal hingga muncul tampilan login Windows
  4. Masukkan ID server dan password yang bisa di lihat di halaman web ANBK
  5. Pilih Sesi Asesmen Nasional
  6. Pilih Peserta Ujian
  7. Restart Exambro
  8. Tekan tombol token untuk di bagikan siswa pada saat pelaksanaan AN

Cara Menjalankan eXambrowser Client

Berikut adalah langkah-langkah untuk menjalankan ExamBrowser:

  1. Extraksi ExamBrowser Client yang terdiri dari 14 file dengan ukuran total sekitar 60 MB.
  2. Jalankan ExamBrowser.exe dengan mengklik dua kali atau klik kanan lalu pilih “Run as Administrator.”
  3. Klik tombol “Run” yang berada pada bagian bawah tampilan ExamBrowser. Pastikan aplikasi yang di gunakan merupakan versi terbaru untuk memastikan kestabilan dan performa terbaik.
tampilan aplikasi ExamBrowser Client ANBK
tampilan aplikasi ExamBrowser Client ANBK

Dengan penggunaan ExamBrowser dalam Asesmen Nasional, di harapkan tingkat kecurangan dapat di kurangi secara signifikan. Kemampuan aplikasi ini untuk mencegah akses ke aplikasi lain dan menyajikan tampilan layar penuh akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap hasil dan integritas ANBK.

Pemerintah berkomitmen untuk terus mengembangkan dan meningkatkan keamanan aplikasi ini guna mendukung perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bangsa yang lebih baik melalui pendidikan nasional yang lebih berkualitas.

Logo Sertifikasi

Platform penyedia pelatihan dan sertifikasi BNSP, Certnexust, berbagai sertifikasi Nasional hingga Internasional yang Terintegrasi  dan Terpadu untuk investasi karir seumur hidup.

ALAMAT DAN KONTAK

PT Ozami Inti Sinergi

Jln. Affandi No 5, Kec. Depak

Kab, Sleman, D.I. Yogyakarta, 55281

LOKASI KAMI

MySertifikasi by Indobot. All rights reserved.